BLOG Kumpulan Contoh Skripsi PAI

Contoh Skripsi PAI Kualitatif, Kuantitatif, Kajian Pustaka, dan PTK

Catatan
Semua koleksi Skripsi Pai di Blog ini dapat didownload di member area. Totalnya ada 2000 contoh Skripsi PAI namun tidak dapat diposting semua ringkasan isinya. Silahkan mendaftar terlebih dahulu untuk mendownloadnya. Daftar Sekarang

Skripsi PAI Lengkap

Banyak mahasiswa mencari cara penulisan skripsi pai lengkap. Ini biasanya terjadi pada mahasiswa sedang menyusun tugas akhir namun belum punya pandangan sedikitpun. Sekarang tidak perlu bingung lagi. Banyak contoh-contoh skripsi siap di unduh dan dijadikan referensi atau acuan.

Menurut hemat saya, skripsi dapat dikatakan lengkap bila memuat poin-poin sebagai berikut :

Bagian Awal
Pada bagian ini dicantumkan halaman sampul, judul, halalam persetujuan, halaman pengesahan, pernyataan peneliti, halaman motto (jika ada), persembahan (jika ada), kata pengantar, daftar isi, daftar tabel (jika ada), daftar gambar (jika ada), daftar lampiran (jika ada), abstrak. Poin-poin di bagian ini tidak semuanya penting.

Bagian Inti
Untuk bagian inti ini akan saya tulis berdasarkan jenis penelitiannya seperti :

Kualitatif
Pada jenis kualitatif biasanya peneliti menggunakan teori penjelas, serta berakhir pada konstruksi teori baru menurut peneliti setelah menganalisis dan menyimpulkan apakah temuan memperkuat atau mematahkan teori ataupun hasil penelitian sebelumnya, atau justru peneliti menemukan teori baru.
Sebagai contoh bagian intinya meliputi :

  1. Bab Pendahuluan : membahas tentang konteks, fokus, tujuan, kegunaan, alasan memilih judul, batasan istilah, sistematika pembahasan.
  2. Bab Kajian Pustaka : membahas sub bab berkaitan dengan penelitian.
  3. Bab Metode Penelitian : memaparkan pendekatan dan jenis penelitian, kehadiran peneliti, lokasi penelitian, sumber data (primer dan sekunder), prosedur pengumpulan data, analisis data, pengecekan keabsahan temuan, tahap-tahap penelitian.
  4. Bab Laporan Penelitian : berisi paparan data dan temuan hasil penelitian serta pembahasan
  5. Bab Penutup : menyimpulkan hasil penelitian serta memberikan saran.

Kuantitatif
Berbeda dengan kualitatif, untuk jenis kuantitatif pada dasarnya peneliti berangkat dari paradigm teoritik menuju data, dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori.
Sebagai contoh kerangka inti yang digunakan bisa sebagai berikut:

  1. Bab Pendahuluan : memuat latar belakang, rumusan masalah, tujuan, kegunaan, alasan memilih judul, asumsi penelitian, Hipotesis, ruang lingkup, batasan istilah, dan sistematika pembahasan.
  2. Bab Kajian Pustaka : berisi sub bab dari variabel X dan variabel Y yang digunakan serta kaitan antara variabel X dan Y.
  3. Bab Metode Penelitian : meliputi rancangan penelitian, teknik penentuan subjek penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, teknik analisis data.
  4. Bab Laporan Penelitian : dipaparkan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, tahap penyajian data, analisis data, pembuktian Hipotesis, dan pembahasan.
  5. Bab Penutup : kesimpulan dan saran dari peneliti.

Kajian Pustaka
Dalam penelitian jenis kajian pustaka berisi topik yang membuat beberapa gagasan yang berkaitan yang harus didukung oleh data yang diperoleh dari sumber pustaka. Bahan-bahan pustaka harus dibahas secara kritis dan mendalam dalam rangka mendukung gagasan atau poposisi untuk menghasilkan kesimpulan dan saran.
Untuk menyusun skripsi jenis pustaka bisa melihat contoh bagian inti berikut:

  1. Bab Pendahuluan : berisi latar belakang, rumusan, tujuan, kegunaan, alasan memilih judul, metode kajian, batasan istilah, sistematika pembahasan.
  2. Bab selanjutnya berisi gagasan pokok yang kemudian dikaji secara mendalam, dengan akhir pembahasan berupa rangkuman dan implikasi.
  3. Bab Penutup : memuat kesimpulan dan saran-saran peneliti.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Untuk jenis PTK ini umumnya hanya diteliti oleh guru pengajar, bila berhubungan dengan pelajaran di kelas.
Contoh bagian inti dari PTK adalah sebagai berikut:

  1. Bab Pendahuluan : dipaparkan latar belakang, Identifikasi masalah, pembatasan masalah, pemecahan masalah, rumusan, tujuan, manfaat dan definisi operasional.
  2. Bab Kajian Pustaka : berisi kajian dari teori-teori dari masing-masing variabel X dan Y ditambah dengan kerangka pikir yaitu kaitannya antara masing-masing variabel. Bila perlu bisa ditambahkan hasil penelitian yang relevan.
  3. Bab Metode Penelitian : diulas tentang rancangan penelitian, subjek penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, teknik analisis data, pelaksanaan tindakan mulai dari siklus I sampai siklus akhir (perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi).
  4. Bab Hasil dan Pembahasan Penelitian : memaparkan hasil / temuan selama pelaksanaan siklus I sampai siklus akhir dan ditambah dengan ulasan pembahasan teoritik maupun empirik terhadap temuan yang didapat dilapangan.
  5. Bab Penutup : simpulkan hasil penelitian dan berikan saran

Bagian Akhir
Untuk bagian akhir biasanya berisi: daftar pustaka, lampiran-lampiran pendukung, riwayat hidup peneliti.

Perlu ditegaskan bahwa uraian di atas hanya contoh saja. Silahkan lihat pada pedoman penulisan skripsi di kampus untuk mendapatkan detail lebih jelas dan benar.

Bila ingin contoh-contohnya silahkan kunjungi situs www.skripsi-pai.com

Share Button

3 Responses to Skripsi PAI Lengkap

Facebook FansPage

Admin : SUGIYANTO

SMS/Phone : 087 850 100 900 atau 0852 5757 9392
Pin BB : 75854A26

Statistik Blog

PAI on Network